Sabtu, 28 Mei 2011

KELAS DAN OBJEK


Kita mungkin memperhatikan bahwa gambaran-gambaran dari objek-objek dan class-class kelihatan hampir sama. Dan lebih mendalam, perbedaan antara class dan objek sering membingungkan. Dalam kenyataannya, hal ini telah nyata bahwa class bukanlah sendirinya objek yang mereka gambarkan. Sebuah blue print dari sebuah sepeda motor adalah bukan sepeda motor. Namun, hal ini sedikit sulit untuk membedakan class-class dan objek dalam system perangkat lunak. Ini memang terpisah karena objek-objek dalam perangkat lunak adalah model elektronik dari model yang ada dalam dunia nyata atau konsep abstraknya. Tetapi hal ini juga karena istilah “objek” kadang-kadang digunakan untuk menunjuk baik class maupun instan-nya.
Obyek adalah sebuah komponen perangkat lunak yang stukturnya mirip dengan obyek pada dunia nyata. Setiap obyek dibangun dari sekumpulan data  (atribut) yang disebut variabel untuk menjabarkan karakteristik khusus dari obyek, dan juga terdiri dari sekumpulan method yang menjabarkan tingkah laku dari obyek. Bisa tikatakan bahwa obyek adalah sebuah perangkat lunak yang berisi sekumpulan variabel dan method yg berhubungan.
Class adalah sturktur dasar dari OOP. Class terdiri dari dua tipe dari anggota dimana disebut dengan field (attribut/properti) dan method. Field merupakan tipe data yang didefinisikan oleh class, sementara method merupakan operasi. Sebuah obyek adalah sebuah instance (keturunan) dari class.
v  Buatlah program menggunakan class dan objek dengan nama motor.java, jika program di jalankan hasilnya seperti di bawah ini :
Object “motor-1” :
Merk : Yamaha
Pemilik : Pak Darmawan
Object “motor-2” :
Merk : Honda
            Pemilik : Pak Nasiruddin

hasil runing
v  Buatlah kelas mahasiswa dengan atribut/variablel = nama dan npm dan mempunyai  metodh: tampilkanNama, tampilkanNpm, belajar, olahRaga, makan, minum.

Buatlah 3 objek  untuk menginstantiasi kelas mahasiswa dengan atribut nama dan npm Anda sendiri dan 2 teman Anda dan mengimplementasikan beberapa metodh yang telah  Anda definisikan dalam kelas mahasiswa
                        
hasil runing
v  Buat program dengan nama televOOP.java dengan spesifikasi sebagai berikut :
Class : Televisi
Object : Televisiku

Attribute 
-  Merek
-  Tipe
-  Ukuran
-  Tombol volume
-  Tombol Channel

Method
-  Menyalakan TV
-  Memindahkan Channel
-  Membesarkan volume
-  Mematikan Televisi


Hasil : 
  Merek Televisi : Samsung
  Tipe Televisi : LCD TV
  Ukuran Televisi : 52 inchi
  Saat ini televisi sudah on.....
  Channel berpindah
  Volume bertambah besar.
  Press any key to continue .  .   .

hasil runing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar