Senin, 13 Juni 2011

INHERITANCE (PEWARISAN)

Inheritance merupakan pewarisan atribut dan method pada sebuah class yang diperoleh dari class yang telah terdefinisi tersebut. Setiap subclass akan mewarisi state (variabel-variabel) dan behaviour (method-method) dari superclass-nya. Subclass kemudian dapat menambahkan state dan behaviour baru yang spesifik dan dapat pula memodifikasi (override) state dan behaviour yang diturunkan oleh superclass-nya.
Prepraktikum
Pertanyaan:
1.Apa yang perbedaan antara Induk Kelas dengan Kelas Turunan?
2.Jelaskan keyword super dan extends dalam Pewarisan?
Jawaban:
1. Induk Kelas: kelas yang menjadi dasar acuan dari semua kelas turunannya. Dalam sebuah hirarki tertentu, induk kelas merupakan kelas yang mewarisi sifat-sifat tertentu kepada kelas turunannya.
Kelas Turunan: kelas yang mewarisi sifat-sifat tertentu dari kelas induk. Jadi tidak perlu menuliskan method lagi. Tinggal meg-extends dari induk class untuk mendapatkan method tertentu.
2.Super
Subclass juga dapat memanggil constructor secara eksplisit dari superclass terdekat. Hal ini dilakukan dengan pemanggil construktor super. Pemanggil constructor super dalam constructor dari subclass akan menghasilkan eksekusi dari superclass constructor yang bersangkutan, berdasar dari argumen sebelumnya.
Contoh class Person dan Student.
public Student(){
super( “SomeName”, “SomeAddress” );
System.out.println(“Inside Student:Constructor”);
}
Kode ini memanggil constructor kedua dari superclass terdekat (yaitu Person) dan mengeksekusinya.
Extends
Misalkan kita ingin membuat class lain bernama Student. Karena Student juga sebagai Person, kita hanya meng-extend class Person, sehingga kita dapat mewariskan semua properti dan method dari setiap class Person yang ada.
Penulisannya:
[modifier1] class NamaSubKelas extends NamaKelasSuper {
classBody
}
Kegiatan Praktikum
Pada bagian kegiatan praktikum ini, kita akan belajar membuat class yang dikelompokkan dalam package kemudian menggunakan package ini dari class lain.













Tugas Akhir
Buatlah program java untuk menurunkan 2 buah kelas turunan dari kelas induk yang berupa lingkaran dimana program ini dapat menghitung luas dan keliling lingkaran !





1 komentar: